Minggu, 13 Januari 2013

Belajar Pemrograman Android Bagian 1

Siapa sih yang tidak kenal android? OS besutan google ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga sobat blogger,  mungkin ada beberapa sobat blogger yang sudah memilikinya,hehe... android memang terkenal karena sifatnya yang open source sehingga banyak para pengembang aplikasi yang ikut mengembangkannya terlebih lagi sebagian besar aplikasi android tidak berbayar alias gratis,wow...

lalu bagaimana dengan sobat blogger sendiri? apakah tertarik untuk ikut mengembangkannya? disini saya akan memberi tahu bagaimana cara membuat sebuah aplikasi di android , dan aplikasi yang dibutuhkan adalah :

  • Java Eclipse
  • Java Development Kit (JDK)
  • Android SDK
  • Android ADT 
Setelah semua aplikasi sudah lengkap maka yang pertama dilakukan adalah melakukan penginstalan JDK ,bagaimana cara menginstalnya? tinggal next next aja kok, setelah itu extract java eclipse ke direktori mana saja, setelah selesai klik eclipse.exe maka akan muncul splash screen seperti ini

setelah itu akan muncul tampilan welcome eclipse, pilih workbench maka akan muncul halaman kerja eclipse setelah itu ngapain lagi? sabar-sabar... untuk membuat aplikasi android kita membutuhkan plugin tambahan yaitu android SDK dan ADT untuk menginstalnya  klik menu help lalu install new software..


setelah itu pilih add kemudian local dan browse file android sdk kemudian klik ok..ok, oh ya sebaiknya file android sdk di extract terlebih dahulu. setelah proses instalasi android sdk selesai yang selanjutnya diinstal adalah android ADT, caranya sama hanya saja yang dipilih bukan local tapi archive, untuk ADT ini tidak perlu di extract.

Saat diinstal ceklis saja semua pluginnya lalu klik next, tunggu sampai proses instalasi selesai kemudian restart eclipse.
 selanjutnya adalah membuat AVD, apa itu ? emulator untuk menjalankan program android yang kita buat
caranya klik ikon android seperti pada panah no 1, lalu klik new, isi nama sesuai keinginan, pilih target sesuai aplikasi yang akan dibuat misal jika kita ingin membuat aplikasi untuk android ginger bread maka pilih android 2.3.3, ukuran SD card isi sesuai keinginan setelah itu klik create AVD, emulator pun siap digunakan. :-)

untuk menjalankannya klik emulator yang sudah dibuat lalu klik start. lalu akan muncul boot screen seperti ini.
tunggu beberapa lama, karena emulator ini cukup berat ketika dijalankan. ini tergantung spesifikasi komputer masing-masing, biasanya membutuhkan waktu 5 menit sampai homescreen muncul. setelah ber lama lama kemudian maka munculah tampilan seperti di bawah ini.

 Demikian lah belajar pemrograman android bagian 1, untuk pengcodingan akan di bahas pada posting berikutnya.


Tidak ada komentar: